Konfrontasi

“The worst loneliness is to not be comfortable with yourself”

– Mark twain

Sore ini, seorang rekan meninggalkan pesan pada aplikasi perpesanan,

“Aku lagi ikut lomba esai dari psikologi UGM. Temanya : Cara menghadapi krisis diri dengan memaknai hidup. Nah tulisanku udah selesai, tapi aku masih butuh pencerahan. Nah nek sempat tolong baca tulsanku ndes, kasih kritik saran. Piye?”

Sebuah kehormatan bagiku untuk mengulas dan mengoreksi (proofread) tulisan dari rekan yang satu ini, aku mengenalnya sebagai penulis yang kritis dan tema tulisan-tulisannya yang berkaitan dengan filsafat membuatku lebih terpukau.


Membaca tulisannya, mencerahkan otak kiri ku yang penuh dengan segala kepenatan akan pekerjaan, bahwa saat ini aku sedang mengalami krisis identitas.

Menjelaskan secara sederhana (apabila dijelaskan secara kontekstual menurut referensi terkait buku dan jurnal akan sulit untuk dipahami),

“Krisis Identitas adalah fenomena dimana subjek manusia mengalami kebingungan akan peran yang dimiliki dirinya sebagai bagian dari masyarakat.”

Krisis identitas – fenomena sepanjang usia. Tidak ada batasan waktu kapan sebuah subjek manusia akan menemukan dirinya, termasuk aku.

Mengawali usia kepala dua, aku kebingungan memaknai kehidupan (kehidupan memiliki berbagai elemen dan salah satunya adalah identitas diri). Makna kehidupan adalah perihal subjektif, bersifat individual, meskipun dalam prosesnya society dan culture memengaruhi cara seseorang memaknai kehidupan.


Kutipan Mark Twain sebagai pembuka adalah deskripsi permasalahan lebih akurat, yang sedang aku alami.

Sebuah bentuk alienasi terhadap diri sendiri.

Eksploitasi citra diri yang ditujukan pada khalayak – yang sejatinya tidak nyaman untuk diperankan. Dan, ketika mencoba mengaplikasikan citra sejati (sekumpulan karakteristik yang telah terbentuk selama kelahiran hingga usiaku saat ini) kepada khalayak, implikasinya adalah konflik.

Penerimaan masyarakat akan diri, tidak mencapai indikator “hijau”.

Sebuah konfrontasi.


Menjalani kepalsuan merupakan hal pelik  (definisikan kata pelik sebagai perihal yang sangat rumit).

Analogikan sebagai bisnis agensi periklanan. Aku adalah seorang account executive yang menjembatani dua pihak, pihak klien dan pihak tempatku bekerjaKetika dua belah pihak tidak bisa menemukan satu kesepakatan, maka agensi-ku tidak mendapatkan uang, dan aku dipecat dengan track record sebagai account executive yang tidak mumpuni.

Aku harus mempertemukan antara “citra sejati” (pihak tempatku bekerja) dengan penerimaan masyarakat (pihak klien). Proses negosiasi masih berlangsung hingga saat ini, namun aku mulai muak dengan pekerjaan sebagai account executive ini (menjadi penulis konten jauh lebih menyenangkan dan menghasilkan uang meskipun tidak banyak).

Jika aku menyerah dengan proyek ini, konsekuensinya adalah aku dipecat (namun aku bisa menikmati citra sejati hanya saja tidak ada penerimaan dari masyarakat yang berarti…. aku sendirian).


Aku benci kesendirian.

Atas alasan itu aku mempertahankan pekerjaan sebagai account executive yang menyebalkan ini.

Pandangan ku mulai kabur akan perihal “citra sejati” yang sangat ku agungkan itu.


Bicara romantisme.

Kabut kegelisahan menyelimuti pikiran.

Akankah “Ia” menghilang ketika aku harus menjadi “citra sejati” itu.

Akankah “Ia” menjadi sama dengan para bedebah masyarakat yang hanya toleran apabila aku menjadi seperti yang mereka inginkan.

Ataukah aku harus menjadi apa yang mereka inginkan, hanya untuk alasan penerimaan dalam konteks romantisme praktikal?


Dan jika memang demikian, sebuah pelajaran dengan bentuk kekecewaan.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, bukan?

2 thoughts on “Konfrontasi”

Leave a Reply

